SIFILIS

SIFILIS (RAJA SINGA)

GAMBAR SIFILIS

Penyakit sifilis atau disebut juga dengan penyakit raja singa adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum. Penyakit sifilis termasuk penyakit menular seksual, yang penularannya melalui hubungan seksual, terutama hubungan seksual yang tidak aman.

Ketika bakteri penyebab sifilis sudah masuk ke dalam tubuh manusia melalui selaput lendir, misalnya melalui vagina, mulut atau melalui kulit, dalam beberapa jam, bakteri akan sampai ke kelenjar getah bening terdekat. Kemudian menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Gejala  Penyakit          Sifilis
Penyakit sifilis mempunyai beberapa gejala khas, diantaranya adalah :
1. Timbulnya bercak kemerahan pada tubuh sekitar 6 sampai 12 minggu setelah berhubungan seksual dengan penderita sifilis.

2. Timbul gejala seperti penyakit flu, misalkan sering pusing, nyeri tulang, demam yang gejala ini akan hilang dengan sendirinya tanpa diobati.

3. Pembesaran kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, dan kehilangan berat badan.

4. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa menyerang susunan saraf otak, pembuluh darah dan jantung

Berhubungan badan dengan cara tidak aman dan bergonta-ganti pasangan merupakan penyebab sifilis. Sebagian besar penderita penyakit sifilis tertular penyakit sifilis dari gaya hidup yang seperti ini. Karena itu untuk menghindarinya adalah dengan setia kepada pasangan.

Sifilis merupakan penyakit sistemik kompleks dengan berbagai manifestasi klinik yang disebabkan oleh Treponema pallidum. Penyakit ini paling sering ditularkan melalui kontak seksual, dan berbeda dengan penyakit infeksi lainnya. Sifilis jarang didiagnosis dengan mengisolasi dan mengenali organisme penyebabnya. Diagnosis ditegakkan dengan metode yang kurang peka, yaitu pemeriksaan mikroskop lapangan gelap direk dan berdasarkan temuan klinik, serologi, dan epidemiologi.

Gejala penyakit sifilis berlangsung 3-4 minggu, kadang-kadang sampai 13 minggu. Kemudian timbul benjolan di sekitar alat kelamin. Kadang-kadang disertai pusing-pusing dan nyeri tulang seperti flu, yang akan hilang sendiri tanpa diobati. Ada bercak kemerahan pada tubuh sekitar 6-12 minggu setelah hubungan seks. Gejala ini akan hilang dengan sendirinya dan seringkali penderita tidak memperhatikan hal ini.

Selama 2-3 tahun pertama penyakit ini tidak menunjukkan gejala apa-apa, atau disebut masa laten. Setelah 5-10 tahun penyakit sifilis akan menyerang susunan syaraf otak, pembuluh darah dan jantung. Pada perempuan hamil sifilis dapat ditularkan kepada bayi yang dikandungnya dan bisa lahir dengan kerusakan kulit, hati, limpa dan keterbelakangan mental.

SILAHKAN DOWNLOAD :

SIFILIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s