CARA MENGGUNAKAN SOFTLENS YANG BENAR

CARA MEMASANG DAN MELEPAS SOFTLENS yang BAIK DAN BENAR

27FY03SMPenggunaan lensa kontak atau softlens sekadar untuk gaya adalah tindakan yang salah kaprah. Lensa kontak tak bisa asal pilih, sembarangan beli, dan membutuhkan cara pakai yang benar. Jika asal, risikonya membahayakan kesehatan mata, seperti infeksi pada kornea yang juga bisa mengakibatkan kebutaan.

Kebersihan adalah aspek penting pertama dalam perawatan softlens yang tepat. Lakukan rutinitas kebersihan yang baik untuk penanganan lensa kontak Anda.

Selalu cuci tangan anda secara menyeluruh dengan sabun lembut, bilas dengan hati-hati dan kering sebelum

menyentuh lensa kontak anda.

Tutup mata anda bila menggunakan hairspray atau aerosol lainnya.

Mencari nasihat profesional tentang memakai softlens selama kegiatan olahraga.

Selalu ikuti petunjuk di leaflet dan saran yang diberikan kepada Anda oleh praktisi Eye Care untuk penanganan yang benar, pemasangan, pelepasan, pembersihan, desinfeksi, menyimpan dan penggunaan softlens Anda.

Jangan memakai softlens lebih panjang dari jangka waktu yang ditetapkan.

Jangan gunakan lensa jika segel jelas terlihat rusak.

Cara memasang softlens yang baik dan benar:

  1. Sebelum memasukkan softlens, periksa lagi softlens anda untuk memastikan bebas dari torehan atau air mata. Jika terlihat rusak maka jangan dipakai, lebih baik di kembalikan atau di buang saja . Pastikan juga posisi softlens anda tidak terbalik dari dalam keluar.Letakkan softlens di ujung jari telunjuk Anda dan tahan pada posisi yang sejajar dengan mata.
  2. Letakkan jari tengah (tangan yang memegang softlens) untuk menahan kelopak mata bawah dan tarik ke bawah kelopak mata bawah.Gunakan jari telunjuk atau jari tengah dari tangan yang lain untuk mengangkat kelopak mata atas. Lalu perlahan-lahan tempelkan softlens yang ada pada jari telunjuk anda pada mata.
  3. Lepaskan dengan lembut, kemudian lepaskan tangan anda lalu berkediplah.Ulangi langkah ini untuk lensa kiri.Biasanya, softlens akan menempati posisi tengah mata secara otomatis ketika dipakai dan sangat jarang dapat pindah ke bagian putih mata. Namun, hal ini dapat terjadi jika pemasangan dan pelepasan softlens tidak dilakukan dengan benar.

    Untuk membuat softlens menempati posisi tengah mata, ikuti salah satu dari metode ini.

    Tutup kelopak mata Anda dan dengan lembut pijat lensa ke tempatnya melalui dengan mata tertutup. Atau, dengan perlahan anda dapat memanipulasi posisi softlens ke tengah mata sementara mata dibuka, dengan menggunakan tekanan jari pada tepi atas atau bawah kelopak mata.

Cara melepas softlens yang baik dan benar:

  1. Cuci, bilas dan keringkan tangan Anda secara menyeluruh.Selalu pastikan bahwa softlens berada di tengah-tengah mata Anda sebelum mencoba untuk melepasnya.Untuk menemukan softlens, periksa daerah atas mata dengan melihat ke dalam cermin, sementara menarik kelopak mata atas. Kemudian periksa area bawah dengan cara menarik kelopak mata bawah.
  2. Setelah Anda telah menemukan lensa, Anda dapat melepasnya dengan menggunakan metode mencubit yang akan dijelaskan dibawah ini, atau dengan cara lain yang direkomendasikan oleh Praktisi Perawatan Mata Anda.Lihat kiri, geser softlens ke putih mata Anda dengan menggunakan jari telunjuk Anda.
    Cubit dengan lembut lensa antara ibu jari dan jari telunjuk lalu, lepaskanlah softlens anda.

Lensa kontak boleh dipakai 6-8 jam, jika daya hantar oksigen pada lensa kontak tergolong dalam level rendah. ada lensa kontak yang boleh dan aman dipakai saat tidur. Tentunya lensa kontak jenis ini tak sembarangan. Penggunaan lensa kontak sepanjang malam hanya dibolehkan untuk orang yang memiliki mata minus tinggi.

Softlens harus dibuang setelah lewat dari masa kadarluasa atau paling lama satu tahun, jangan memaksakan untuk menggunakan softlens yang sudah habis masa pakainya, karena ini dapat menyebabkan iritasi yang dapat merusak masa anda.

link ke tulisan lain

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s